Macam – Macam Jenis Dribble Bola Basket Yang Harus Kamu Tahu

Dribble atau menggiring bola adalah salah satu teknik dasar di dalam olahraga bola basket. Gerakan berjalan atau lari sambil memantul – mantulkan bola ke lantai memakai satu tangan saja di namakan dribbling.

Federasi Bola Basket Internasional atau FIBA berkata kalau dribble adalah sebuah skill yang harus di punyai oleh seorang atlet basket. Tujuan melakukan dribbling atau menggiring bola adaah untuk melewati penjagaan lawan serta melakukan serangan.

Menggiring bola di dalam permainan bola basket juga tak bisa sembarangan di lakukan karena membawa bola lebih dari tiga langkah tanpa memantulkannya ke lapangan dapat di anggap sebagai pelanggaran.

Dribble harus di lakukan dengan posisi kepala yang tetap terangkat dan pandangan focus kepada lapangan serta situasi sekitar dan bukan melihat bolanya. Rentangkan tangan kalian lalu jentikkan pergelangan tangan agar memantulkan bola ke lantai.

Untuk mengontrol bola, gunakanlah jari dan jangan gunakan telapak tangan, jangan memantulkan bola terlalu tinggi saat dribble. Selain tangan yang memegang bola, bagian tubuh lain juga tak boleh di gunakan dan hanya boleh melindungi bole basket saja.

Makin baik gerakan dribble maka akan membuat peluang melakukan serangan juga makin besar. Dribble sendiri memiliki beberapa macam. Apa saja? yuk simak di bawah ini.

1.High Dribble

High dribble merupakan sebuah gerakan menggiring bola dengan memantulkannya secara lurus ke bawah dengan jarak yang tinggi. Saat melakukan dribble ini, posisi lengan biasanya akan sejajar dengan bahu.

Artinya, bola di pantulkan sampai ketinggian sejajar atau di atas pinggang dan di lakukan secara cepat. Tujuan menggiring bola dengan tinggi pada permainan bola basket adalah supaya lebih mempercepat penyerangan dengan melewati penjagaan lawan.

2.Crossover

Crossover Dribble di lakukan dengan cara merubah posisi bola dari satu tangan ke tangan yang lain. teknik dribble crossover ini memiliki tujuan untuk mempertahankan bola dari rebutan lawan. Ada beberapa pemain basket kelas dunia yang dikenal dengan crossover Dribble nya seperti Stephen Curry dan juga Allen Iverson.

3.In and out dribble

In and out dribble merupakan sebuah gerakan menggiring bola dengan memasukkan bola atau menggerakkan bola dari sisi luar ke dalam lalu mengeluarkannya lagi dengan cepat. Saat melakukan dribble ini, posisi bola berada di bawah telapak tangan.

Dribble ini sendiri dapat memakai tangan kanan ataupun tangan kiri dan harus di lakukan secara cepat supaya bole tak lepas maupun di rebut oleh pemain lawan.

4.Ankle Breaker Dribble

Secara harafiah, Ankle Breaker Dribble adalah giringan bola yang mematahkan pergelangan kaki lawan. Teknik dribble ini biasanya di lakukan saat tim sedang dalam situasi menyerang.

Cara melakukan ankle breaker dribble adalah dengan menggiring bole secara cepat sehingga bisa membuat pemain lawan jatuh karena kehilangan keseimbangan.

5.Dribble Di Sela Kaki (Between The Legs)

Dribble di sela kaki atau Dribble Between The Legs adalah sebuah variasi dari gerakan dribble crossover. Dribble ini sendiri di lakukan dengan cara memantulkan bola di antara kedua kaki lalu menangkapnya dengan tangan lain. Teknik dribble ini juga biasanya di pakai saat berhadapan secara langsung dengan pemain lawan.

Itulah beberapa jenis – jenis dribble yang harus kalian ketahui sebagai pemula maupun yang sudah ahli atau professional. Dari beberapa jenis di atas, mana saja nih yang sudah kalian kuasai? Semoga bermanfaat.