5 Olahraga Membentuk Otot Sayap Dengan Benar

Untuk beberapa orang, melakukan olahraga itu bukan lagi hanya sekedar hobi namun jadi sebuah kewajiban. Dari yang awalnya hanya sekedar menurunkan berat badan atau membakar kalori pun mulai pindah ke latihan otot seperti melatih otot sayap.

Melatih otot sayap bisa berhasil maupun tidak bergantung pada konsistensi serta akurasi dari gerakan yang kalian lakukan. Latihan otot sayap ini sendiri sebenarnya gak sulit. Kalian bisa andalkan peralatan yang ada di tempat fitness atau coba melatih tubuh dengan beberapa gerakan di bawah ini.

1.Dumbbell Shrugs

Melatih otot sayap akan sangat menyenangkan kalau kalian terbiasa berlatih atau olahraga memakai dumbbell. Gerakan ini sendiri adalah sebuah gerakan olahraga yang sangat sederhana. Untuk langkah awal, kalian bisa berdiri dengan kaki rapat sambil memegang dumbbell.

Posisi telapak tangan harus menghadap ke depan tubuh lalu angkat bahu ke telinga. Lalu berhenti sebentar dan lemaskan badan dan ulangi gerakannya beberapa kali. Gerakan ini akan membuat otot di bahu dan punggung kalian saling berkontraksi.

2.Chin Up

Chin up adalah sebuah jenis latihan fisik yang sudah sangat populer. Bukan Cuma bisa membentuk otot sayap namun chin up juga sangat bisa melatih otot bisep. Untuk awalannya, kalian bisa berdiri di depan tiang chin up lalu genggam tiangnya dengan kedua telapak tangan.

Saat memegang tiang chin up pastikan kedua telapak tangan kalian menghadap ke badan dan bukan sebaliknya. Atur juga jaraknya supaya tak terlalu jauh. Lalu, sedikit demi sedikit kalian bisa angkat tubu ke atas hingga dagu melewati tiang.

Saat melakukan gerakan ini, kedua kaki yang terangkat harus menekuk ke balakang. Tahan posisi itu selama beberapa detik lalu bergeraklah ke bawah dan lepaskan tangan dari tiang.

3.Wide Grip Pull Up

Melakukan latihan otot sayap dengan pull up bar memang sangat menyenangkan apalagi kalau kalian sudah terbiasa dengan gerakan ini. Pertama – tama, peganglah pull up bar dengan posisi telapak tangan ke depan lalu angkat tubuh kalian ke atas.

Walaupun kelihatannya sederhana namun sebetulnya latihan ini butuh stamina serta nafas yang kuat loh. Bobot tubuh yang berlebihan juga bisa menghambat kalian melakukan gerakan ini. Itulah kenaoa, kombinasikan gerakan ini dengan latihan lain supaya berat badan kalian ideal.

4.Wall Sit

Gerakan wall sit ini cukup sederhana dan unik. Untuk langkah awal, kalian bisa berdiri setengah meter membelakangi dinding lalu ambil posisi seperti sedang duduk. Pastikan saat melakukan wall sit ini posisi bahu belakang kepala dan punggung bagian atas tegak lurus serta menempel di dinding.

Cobalah untuk bertahan di posisi ini selama beberapa detik. Kalau sudah tak kuat lagi, kalian boleh angkat tubuh ke atas dan kembali pada posisi berdiri.

5.Back Up

Kalau kalian tak mau melatih otot sayap memakai peralatan, maka sebaiknya kalian melakukan back up. Latihan atau sikap back up adalah sebuah gerakan olahraga yang sangat sederhana dan bisa kalian lakukan di mana pun.

Kalian bisa berbarung telungkip lalu posisikan kaki lurus merapat. Sementara, kedua siku di tekuk lalu di tempatkan tangan di samping telinga. Pelan – pelan, angkatlah kepala ke dada kalian ke atas lalu turunkan badan. Supaya hasilnya sempurna, lakukan gerakan ini teratur minimal 10 – 15 kali setiap latihan.

Itulah beberapa latihan membentuk otot sayap yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.