8 Pemain Sepak Bola yang Tersandung Kasus

Penampilan brilian terus dituntut dari pesepakbola profesional, baik di dalam maupun di luar lapangan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas Anda di mata publik. Namun, tidak semua pesepakbola terbaik dunia mampu menjaga sikap profesionalisme dan integritas yang mendukung profesinya. Tindakan disipliner yang dilakukan pemain di luar lapangan berdampak negatif bagi klub dan karir seseorang. Bahkan, beberapa pesepakbola terbaik Eropa pernah menghadapi kasus tindak pidana.

Lionel Messi

Lionel Messi dan ayahnya Jorge Horacio Messi telah dijatuhi hukuman 21 bulan penjara. Pasalnya, Lionel Messi dan tim  hukumnya  melakukan penggelapan pajak. Mahkamah Agung Spanyol mensinyalir sejak 2007 hingga 2009, Lionel Messi telah memalsukan pajak senilai 4,1 juta euro atau sekitar Rp 69 miliar. Lionel Messi telah mengajukan banding atas kasus tersebut ke Mahkamah Agung.

Eric Cantona

Pemain legendaris Manchester United Eric Cantona  juga tampaknya memiliki catatan kriminal. Tendangan kungfu Eric Cantona ke gawang fans Crystal Palace pada  1995 membuatnya merasa terjebak. Diketahui bahwa pria  Prancis itu harus menghabiskan dua minggu di penjara. Hanya itu, Manchester. United juga harus mengeluarkan uang untuk mengamankan penyelamatan kebebasan Eric Cantona.

Joey Barton

Tingkah ceroboh mantan pemain Manchester City Joey Barton  menjadi cerita terkenal. Selama karirnya, Joey Barton  harus berurusan dengan polisi beberapa kali. Kejahatan Joey Barton berkisar dari memukul rekan setimnya Ousmane Dabo hingga memukul pelindung di sebuah bar di Liverpool, Inggris Joe Barton menghabiskan 6 bulan di penjara untuk tindakan ini.

Tony Adams

Sepanjang karirnya, Tony Adams sering dikaitkan dengan kasus alkohol. Minumnya juga membuatnya mendarat di gerbang penjara. Puncak kasus pidana Adams terjadi pada tahun 1990. Saat itu Tony Adams yang mengemudi dalam pengaruh alkohol mengalami kecelakaan lalu lintas, dimana Tony Adams harus merasakan pelukan jeruji penjara selama 4 bulan.Arsenal  harus turun tangan untuk  menyelesaikan kasus Kriminal sang bek.

Adam Johnson

Kasus pidana Adam Johnson  menjadi perbincangan hangat di dunia sepakbola, hal ini disebabkan karena Adam Johnson terlibat dalam kasus aktivitas  seksual  di bawah umur yang mengakibatkan dirinya dipenjara selama 6 tahun disertai denda. sebesar £50.000 setara dengan Rp997 juta.

Mochamad Yudha Febrian

Tim Indonesia U-19 bersiap untuk pemusatan latihan di Spanyol. Namun, Shin Tae-yong tiba-tiba menurunkan dua pemain sekaligus, salah satunya Yudha Febrian. Pemain ini tersingkir bukan karena performanya yang buruk, tapi karena sikapnya. Mantan bek kiri  Fakhri Husaini absen karena terlambat berlatih, akibat pergi ke klub pada malam hari. “Dua pemain, yakni Serdy dan Yudha, telah menjalani tindakan indisipliner berat.Jadi kami segera mengembalikannya,” kata Shin Tae-yong mengutip situs resmi PSSI.

Greg Nwokolo

Pemain naturalisasi asal Nigeria itu membela timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2014. Pada 2013 ia tersangkut kasus hukum antara dirinya dan seorang pelajar. Greg Nwokolo telah dituduh  melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita bernama Rahelia Geby. Namun, Greg Nwokolo membantahnya dengan mengatakan bahwa kabar tersebut  hanyalah fitnah. Pemain yang kini membela Madura United itu pun menempuh jalur hukum yang sesuai karena merasa  tidak bersalah.

Diego Michiels

Pemain naturalisasi Diego Michiels menjadi salah satu bek utama Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2011 dan 2013. Sayangnya, pemain berdarah Belanda ini sempat menemui beberapa kasus, salah satunya  insiden datangnya tamparan. Piala AFF 2012. Akibatnya, ia harus menerima hukuman penjara  3 bulan 20 hari.

Nah itulah deretan pemain speak bola yang pernah terjerat kasus criminal.