5 Tips Jago Main Basket Kayak Pemain NBA!

Basket merupakan salah satu olahraga berkelompok yang terdiri atas dua tim yang anggotanya masing – masing 5 orang yang saling bertanding untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Olahraga basket paling di sukai oleh penduduk Amerika Serikat serta penduduk di belahan bumi lain seperti Eropa Selatan hingga Indonesia. Ada banyak sekali kompetisi bola basket yang setiap tahunnya di selenggarakan. Misalnya BBL, IBL, dan NBA.

Nah, untuk kalian yang suka dengan basket dan mau jadi pemain terbaik yang ada di lapangan, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan skill basket kalian.

1.Gabung dengan Beberapa Tim Basket di Sekitar

Gunanya bergabung dengan beberapa tim basket ini adalah untuk tahu teknik real yang di gunakan pada saat main di lapangan serta paham dengan gerak gerik basket lawan ataupun kawan kalian saat sedang main di lapangan.

Bergabunglah dengan beberapa tim basket sehingga kalian bisa meluaskan jaringan pertemanan kalian dalam olahraga basket maupun social. Ingat untuk memastikan jadwal basket kalian satu dengan lainnya agar tak bentrok supaya kalian bisa rutin dan focus dalam basket ini.

2.Practice Makes Perfect

Latihan bisa membuat kita jadi lebih hebat dalam melakukan apapun. Istilah ini sendiri di populerkan oleh Malcolm Gladwell di dalam buku The Secret to Success dalam bab The “10.000-Hour Rule”. Seseorang setidaknya butuh 10.000 jam latihan untuk menguasai suatu keterampilan.

Genetika serta komplesitas bisa mempercepat maupun merusak suatu proses. Contohnya, tak semua orang bisa melakukan dunk. Tetapi lompat tali tak butuh waktu selama 10.000 jam untuk bisa kita kuasai.

3.Get Out Of Your Comfort Zone

Keluar dari zona nyaman kalian untuk belajar teknik shooting yang tepat. Bermain serendah yang harusnya kalian lakukan ofensif dan defensive yang membuat kalian mungkin sedikit kurang nyaman. Tetapi saat kalian mendorong diri sendiri dan meningkatkan hal – hal ini, maka akan jadi lebih mudah dan kalian bisa jadi lebih baik.

Contohnya, jangan pernah takut untuk berlatih dengan orang yang lebih jago dari kalian. jangan pernah takut untuk berbagi pengalaman dengan orang yang kurang jago dari kalian. jangan pernah takut untuk ikut turnamen basket kesana kemari dan tetap semangat walaupun kalian kalah.

4.Bawa Intensitas Sendiri

Pemain biasanya akan termotivasi eksternal dan butuh dorongan untuk latihan dengan intensitas. Apapun praktik yang kalian lakukan, kalian bisa hadirkan intensitas kalian sendiri. Contohnya, kalian bisa mendorong diri sendiri untuk dapat pengulangan lebih banyak atau mengeksekusi lebih baik tanpa memakai pelatih. Selalu berfokus dan berusahalah sekuat tenaga, bahkan kalau pelatihan kelihatan lambat atau membosankan.

5.Quality Repetitions

Quality Repetitions merupakan lebih mementingkan pengulangan kepada kualitas di bandingkan pengulangan kuantitas. Dalam mementingkan pengulangan dalam kualitas yang tinggi, kalian harus bisa mengeksekusi dengan kecepatan permainan.

Selain itu, kalian juga harus berfokus pada teknik serta mempertahankan tingkat energy yang tinggi dengan cara gerakan atau bergegas untuk menyelesaikan atau the motions or rushing to finish. Contohnya, terus – terusan melakukan latihan shoot.

Kalau repetisinya berkualitas rendah maka kalian bisa melukai permainan kalian dengan bentuk permainan basket yang buruk. Hal ini hanya akan membuat waktu kalian dalam memainkan basket saja.

Itulah beberapa tips meningkatkan skill basket kalian. semoga bermanfaat.